27 Desember 2012

Henna Body Painting

Telah saya singgung sebelumnya di artikel berjudul body painting, bahwa tradisi ini umumnya digunakan dalam upacara adat. India dan Timur Tengah memiliki seni body painting tersendiri yang disebut Mehndi, yang dibuat dengan cat henna.

Henna diambil dari nama tanaman

Selama berabad-abad, seni lukis henna (atau Mehndi) pada tubuh telah dipraktekkan di India, Afrika, dan Timur Tengah. Tanaman henna dipercaya membawa cinta dan keberuntungan, dan untuk melindungi kejahatan.


Mehndi secara tradisional dilakukan untuk upacara pernikahan, selama ritual penting peralihan, dan pada saat perayaan suka cita.

Caranya begini. Sebuah pasta yang terbuat dari daun yang ditumbuk halus dari tanaman henna diterapkan pada kulit, dan ketika dihapus beberapa jam kemudian, meninggalkan tanda yang indah pada kulit yang memudar secara alami selama 1 sampai 3 minggu.


Selain sebagai bahan utama dalam seni lukis mehndi, henna juga telah digunakan untuk mewarnai kuku kuda, wol warna, sutra, dan kulit binatang, serta janggut pria. Studi mumi mengabarkan bahwa pada 1200 SM, henna sudah digunakan pada rambut dan kuku dari para firaun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar